Wisata Keliling Pulau Banyak Yang Menakjubkan #CahayaAceh

Wisata Aceh : Wisata Keliling Pulau Banyak Yang Menakjubkan #CahayaAceh

Wisataaceh.net - Sekali mendayung, dua, tiga pulau terlampaui. Peribahasa ini tidak cuma menerjemahi banyak pekerjaan dapat dilewati dalam sekali kerja. Namun saya temukan arti lain waktu coba sensasi island hopping Pulau Banyak.

Yaitu, mendayung di Pulau Banyak, Aceh Singkil, sebenarnya tidak cuma satu, dua, tiga pulau terlampaui. Saya jadi dapat melalui banyak pulau dalam sehari ngetrip di kepulauan tropis paling ujung barat Nusantara itu. 

Namun tebaklah, apakah saya betul-betul mendayung?
Tak! Tidak mungkin saya kayuh perahu untuk melompati beragam pulau cantik di Pulau Banyak. Atraksi island hopping itu saya tempuh memakai perahu motor (di kenal robin) punya Sunarwin, nelayan Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak.

Sepanjang dua hari pada akhir Juli yang cerah itu, atau empat hari sesudah berlangsungnya Festival Pulau Banyak yang cuacanya jelek, saya singgahi 8 pulau dari 80-an gugus pulau di Pulau Banyak.

DAY 1

Di hari pertama, saya diangkut Sunarwin dengan robin bermesin 11, 5 PK kepunyaannya. Perahu jalan seperti berselancar di permukaan gelombang yang bening, meraih barat Kepulauan Banyak.

Terik mentari tidak saya pedulikan. Sebab sensasi island hopping Pulau Banyak ini akan melipur letih perjalanan darat yang saya tempuh terlebih dulu dari Banda Aceh ke Singkil, 18 jam, ditambah 3 jam menyeberang ke Pulau Balai.

Di perairan dangkal, terumbu karang tampak terang dari balik warna air yang biru kolam. Banyak koral telah mati. Tetapi, kerap juga saya melintas di segi bayi terumbu karang ; ikan-ikan karang menari disana.

Jauh di depan, garis horizontal Samudera Hindia seakan-akan menyampaikan kabar, di sampingnya tersembunyi jurang yang dalam. Namun makin melaju, makin garis itu memudar serta bikin gugusan pulau mencuat satu per satu.